Sunday, May 9, 2010

What's my talent?

"Bakat gue? Hmm... Apa ya? Gue sih tertarik sama yang berbau seni gitu. Gue sangat suka musik, bisa main piano sih, tapi super ga jago dibandingin orang lain yang bisa main piano. Terus... gue pengen bisa gambar juga gabisa. Fotografi? Boro-boro. Duh, gue jadi bingung gue bisa apa ya?"

Yak, itu dia jawaban saya waktu beberapa hari yang lalu ditanya sama salah satu senior gue di FH perihal bakat dan ketertarikan saya. Pertanyaan itu sekaligus mengingatkan saya sama percakapan saya sama salah seorang teman baik saya tentang bakat dan kemampuan. Dua hal itu bikin saya mikir lagi...
sebenernya bakat saya apa ya?

Saya pribadi merasa tertarik sama banyak hal. Yang paling menarik sih yang berhubungan sama seni, misalnya musik, fotografi, gambar, dll. Tapi... saya kalo saya sama sekali ga menguasai hal-hal yang jadi ketertarikan buat saya. Saya cuma sekedar tertarik dan mungkin bisa ngelakuin, tapi cuma
setengah-setengah, sangat ga semaksimal orang-orang yang emang expert di bidangnya. Dan mungkin kurang ada usaha dari diri saya buat bisa menguasai hal-hal itu (huhu jadi sedih)



Yak, saya paling tertarik sama dunia musik. Saya sangat suka dengerin musik dan saya suka bermain musik. Saya emang bisa main piano, tapi menurut saya pribadi itu masih... gimana ya? Masih cetek sekali lah dibanding orang-orang lain yang bisa main piano. Kalo alat musik lain? Gitar sama sekali gabisa. Drum cuma pernah gebuk-gebuk doang. Kalo keinginan terpendam dalam hati: jago main gitar, bisa main drum, bisa mainin alat musik yang extraordinary, misalnya saxophone, flute, dll. Menurut saya keren aja gitu kalo bisa mainin alat musik yang ga banyak orang bisa mainin, fufufu


Selain musik, saya juga tertarik sama dunia fotografi. Saya suuuuper suka liat hasil jepretan yang unik-unik. Kalo liat yang kayak gitu bawaannya juga pengen bisa bisa menghasilkan foto-foto yang... breathtaking, bikin orang berdecak kagum (ahzek), dll. Tapi sayangnya, saya merasa kurang punya bakat di bidang ini dan sarana juga kurang mendukung, jadi yaaa ketertarikan saya di bidang ini agak-agak tersendat dan terhambat seperti jalan tol yang macet (apa coba?)


Saya juga tertarik sama sesuatu yang berhubungan sama gambar atau design gitu. Saya juga pengen banget sekaligus super iri liat orang yang jago gambar atau design. Yang kadang terjadi sama saya, saya punya konsep di kepala saya tentang sesuatu, tapi ga bisa bikin konsep itu jadi real karena keterbatasan saya dalam hal gambar-menggambar atau mendesign. Sering juga terlintas di otak saya, "kalo gue jago gambar pasti enak, pasti seru." Tapi sayangnya... kenyataan berkata lain (hiks)

Ditambah lagi hari Senin kemarin saya baru pulang retreat bareng anak FISIP (karena gabisa ikut yang bareng anak FH), dan di retreat itu ditanya apa bakat yang kamu punya. Dan pas mau jawab... saya bingung aja gitu mau isi apa.
Selain itu, yang bikin saya kepikiran tuh kalo ngeliat achievement, hasil karya, hasil kerja seseorang yang udah mereka hasilkan. Hal-hal itu kadang bikin saya minder karena saya merasa belom bisa mencapai apa-apa di hidup saya. Menyedihkan ya? Dan saya mikir lagi... kapan ya saya bisa kayak begitu? Apa saya juga bisa kayak mereka?

Saya sangat sangat sangat berharap semoga ke depannya akhirnya saya bisa menemukan di mana minat saya, di mana bakat saya sesungguhnya dan pada akhirnya saya bisa mencapai sesuatu yang berguna, entah itu buat diri saya sendiri atau mungkin buat orang lain :)
Post a Comment